Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Selain Wortel, Inilah Makanan yang Membuat Mata Sehat

Selain Wortel, Inilah Makanan yang Membuat Mata Sehat


Selama ini untuk membuat mata lebih sehat, orang-orang kerap kali mengandalkan wortel saja. Wortel yang mengandung vitamin A dan beta karoten tinggi, sejak lama memang dipercaya dapat menjaga penglihatan tetap baik. Padahal, masih banyak sebenarnya sumber makanan lain yang bisa menjaga mata sehat Anda.
Namun, ada nutrisi lain yang baik pula untuk kesehatan mata Anda, selain vitamin A dan beta karoten. Studi terkait ‘penyakit mata karena usia’ (AREDS) yang diterbitkan pada 2001, menemukan bahwa nutrisi tertentu seperti zink, tembaga, vitamin C, dan vitamin E dapat mengurangi risiko penurunan kesehatan mata yang berkaitan dengan usiasebesar 25 persen

Penelitian ini diperbarui pada 2013 untuk menguji berbagai versi formula asli. Variasi itu termasuk asam lemak omega-3, zeaxanthin, lutein, dan beta karoten. Studi ini menemukan bahwa kombinasi tertentu dapat bekerja lebih baik daripada yang lain. Studi lebih lanjut juga setuju bahwa asam lemak omega-3 (termasuk DHA), tembaga, lutein, dan zeaxanthin sangat penting untuk kesehatan mata.

Makanan yang baik untuk mata
Jadi, selain wortel, makanan apa saja yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda?

1. Ikan
Banyak ikan yang menjadi sumber asam lemak omega-3. Ikan berminyak adalah ikan yang memiliki minyak dalam usus dan jaringan tubuh mereka. Jadi mengonsumi jenis ikan ini menawarkan tingkat minyak ikan yang kaya omega-3. Ikan yang mengandung tingkat omega-3 paling menguntungkan antara lain tuna, salmon, forel, kembung, sarden, teri, dan ikan haring.
Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa minyak ikan dapat membasahi mata yang kering. Ini termasuk mata kering karena terlalu banyak waktu menatap layar komputer.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga kaya akan asam lemak omega-3. Selain itu, jenis makanan ini juga mengandung vitamin E tingkat tinggi, yang dapat melindungi mata dari kerusakan terkait usia.
Kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan mata antara lain kacang kenari, kacang Brasil, dan kacang mete.

3. Biji-bijian
Sama seperti kacang-kacangan dan polong-polongan, biji-bijian juga tinggi omega-3 dan kaya akan vitamin E. Biji-bijian yang dapat Anda konsumsi antara lain biji chia, biji rami, dan biji hasis.

Open Comments

Posting Komentar untuk "Selain Wortel, Inilah Makanan yang Membuat Mata Sehat"