Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Sebab Orang Sunda Sangat Banyak Disukai Di Indonesia

Sebab Orang Sunda Sangat Banyak Disukai Di Indonesia

Bacampu : Indonesia terdiri dari Sabang hingga Merauke memiliki banyak keragaman mulai dari suku, bahasa, budayaan, adat-istiadat, hingga kebiasaan sehari-hari kita. 

Pulau jawa sendiri dihuni oleh dua suku yaitu Jawa dan Sunda. Suku jawa menghuni jawa bagian timur dan tengah, sedangkan suku sunda menghuni sebagian besar wilayah di Jawa Barat.

Berbicara mengenai Suku Sunda merupakan etnis yang berasal dari bagian barat pulau jawa, Indonesia. Dan suku sunda tersebar ke berbagai wilayah di Indonesia, terutama di wilayah Jawa barat, seperti Banten, Jakarta, dan wilayah lainnya di provinsi Jawa Barat. 

Seperti halnya suku lainnya di Indonesia, suku Jawa juga mempunyai kebiasaan unik yang membuat suku lain betah berlama-lama di wilayah yang dihuni orang sunda. Lalu apa saja kebiasaan unik dari Suku Sunda, berikut ulasannya!



1. Orang Sunda Suka Hidup Santai

Berbeda dengan orang Jawa yang terlihat lebih serius dan pekerja keras, orang Sunda justru terlihat hidup nyantai cenderung malas tapi tetap kreatif dan banyak akalnya. Contohnya bisa kamu lihat pada pribadi si kabayan yang sudah melegenda di Indonesia. Meski hidup nyantai, orang Sunda tetap punya etos kerja yang tinggi lho, lihat saja banyak pengusaha dan orang sunda yang saat ini telah sukses dibidangnya masing-masing.

2. Orang yang Bersuku Sunda itu Murah senyum

Tidak dapat dipungkiri, dalam kehidupan bermasyarakat ini alangkah baiknya untuk ramah terhadap sesama. Orang sunda, sudah sangat terkenal akan sifat ramah senyum dan sopan terhadap semua kalangan. Kebiasaan ini sudah dimulai sejak dahulu dan terus di terapkan.

Dalam setiap pribadi orang sunda, sudah melekat filosopi " Someah Hade Ka Semah" yang berarti ramah, bersikap baik pada semua , menjaga , menjamu serta membahagiakan tamu yang dapat. Dengan begitu, nilai kebersamaan akan selalu tersampaikan lebih baik.

3. Orang yang Bersuku Sunda Itu Sopan

Kawas gula eujeung peueut: hidup harus rukun saling menyayangi, tidak pernah berselisih. Urang Sunda memiliki pedoman hidup untuk saling menghargai sesama.

 Mungkin inilah alasan mengapa Urang Sunda yang saya temui di Tanah Sunda selalu memiliki etika kesopanan yang tinggi. Mereka menyapa meskipun tak mengenal saya atau hanya basa-basi manis "Bade Angkat Kamana, Neng?". Hal inilah yang bikin Saya betah berada di Tanah Sunda.

4. Orang yang Bersuku Sunda itu Baik dan Bertanggung jawab

Orang sunda juga punya kebiasaan baik yang diakui banyak orang yakni sifatnya yang baik dan bertanggung jawab jika melakukan hal yang salah, bahkan kepada orang asing yang belum mereka kenal. Jadi jika kamu berjalan-jalan di daerah Jawa Barat seperti bandung, jangan heran jika ada orang asing yang tersenyum atau menyapamu dengan sebutan eneng atau kang , ya!

5. Orang Sunda Menjunjung Adat Istiadat
Hal yang bikin banyak orang merasa nyaman berada di Tanah Sunda adalah karena budayanya dan adat-istiadat yang selalu mereka junjung. Salah satu destinasi wisata yang pernah saya kunjungi dan menjunjung tinggi adat-istiadat tapi bercitra modern adalah Saung Angklung Mang Udjo. 

Di sana saya melihat banyak turis mancanegara datang untuk belajar angklung dan menyaksikan pentas seni yang kental akan adat Sunda.

6. Orang Sunda Sering Menambah "teh" dan "mah" pada setiap kalimat

Jika Kamu sering menonton tayangan televisi mengenai kehidupan orang Sunda, pasti paham betuh dengan istilah "ajaib" yang mereka tambahkan dalam setiap kalimat yang mereka katakan, seperti "teh" dan "mah". 

Meskipun hanya menambahkan dua kata ini dalam setiap kalimat, namun ini sudah cukup menjadi ciri khas kebiasaan mereka. Seperti, "Saya teh asli Sunda, Orang tua saya mah asli sono".




Open Comments

Posting Komentar untuk "Sebab Orang Sunda Sangat Banyak Disukai Di Indonesia"