Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Pengertian dan Perbedaan Internet, Intranet, dan Ekstranet

Pengertian dan Perbedaan Internet, Intranet, dan Ekstranet


Internet (Interconnection Networking) adalah jaringan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung dengan standar protokol TCP/IP untuk melayani pertukaran data diantara pengguna di seluruh dunia. Cakupan internet adalah wilayah internasional. Saat ini, banyak orang di seluruh dunia sudah dapat mengakses internet dengan mudah, kapan saja dan dimana saja. Bahkan, banyak penyedia perusahaan jasa yang menawarkan layanan akses internet berbayar. Mall-mall di kota besar pun sudah ada yang menyediakan layanan Wi-Fi gratis untuk akses ke internet.

Intranet adalah jaringan komputer privat / pribadi yang menghubungkan internal perusahaan atau kantor. Bisa dibilang intranet adalah versi personal / privat/ pribadi dari jaringan internet. Di dalam intranet tersimpan dokumen-dokumen penting, pribadi, dan rahasia dari perusahaan yang umumnya hanya dapat diakses oleh para karyawan dari suatu perusahaan.

Ekstranet / Extranet dapat merupakan bagian dari intranet yang dibatasi aksesnya untuk supplier,vendor, atau mitra bisnis lainnya.

Perbedaan

1. Jangkauan

Jangkauan internet bersifat internasional dan dapat diakses oleh siapa saja, sedangkan intranet hanya dapat diakses oleh karyawan dari instansi tertentu, demikian juga dengan ekstranet yang merupakan perpanjangan dari intranet.

2. Informasi
Informasi yang ada di internet bersifat global dan dapat diketahui oleh siapa saja, sedangkan informasi intranet dan ekstranet hanya boleh diakses oleh karyawan perusahaan.

3. Tujuan
Internet bertujuan untuk menyediakan informasi untuk banyak orang sehingga mudah diakses dan mempercepat proses pembelajaran / edukasi dan komunikasi. Intranet bertujuan menyediakan informasi bagi karyawan perusahaan untuk mengerjakan laporan. Begitu juga ekstranet yang bertujuan untuk menyediakan akses ke mitra bisnis dari suatu perusahaan.

4. Pengguna
Pengguna dari internet adalah semua orang dari seluruh dunia, sedangkan intranet dan ekstranet adalah karyawan perusahaan.
Open Comments

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Perbedaan Internet, Intranet, dan Ekstranet"