Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Apa Itu WiFi ? Inilah Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja WiFi

Apa Itu WiFi ? Inilah Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja WiFi



Pengertian Wi-Fi
WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity yang merupakan teknologi untuk bertukar data ataupun berkomunikasi secara nirkabel antar peralatan elektronik.

Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan Internet, Intranet, dan Ekstranet

Baca Juga : 5 Teknologi Jaringan Nirkabel di Smartphone Android dan iOS

Fungsi Wi-Fi

Menghubungkan perangkat dalam jaringan

Wi-Fi menghubungkan semua perangkat yang terhubung di dalam jaringan tersebut sehingga dapat saling berkomunikasi tanpa harus terhubung ke internet. Misalnya Komputer A dapat mengirim data ke komputer B selama terhubung dalam jaringan Wi-Fi yang sama.

Menghubungkan ke Internet
Jaringan Wi-Fi biasanya terhubung ke internet dan memungkinkan para penggunanya untuk mengakses halaman web.

Kecepatan Internet Stabil
Jaringan Wi-Fi pribadi biasanya lebih cepat dan stabil karena digunakan oleh komunitas sendiri. Wi-Fi publik di kafe pun biasanya juga sudah cukup cepat untuk mengakses halaman web, tidak seperti penggunaan paket data yang terkadang sinyalnya hilang dan kecepatannya kurang stabil.

Hemat Paket Data
Menggunakan Wi-Fi publik yang gratis dapat menghemat paket data, terutama bila mendownload atau mengunduh file / game / data dalam jumlah yang besar.

Cara Kerja Wi-Fi
Jaringan Wi-Fi pada umumnya menggunakan sinyal radio untuk mentransmisikan data / informasi ke dalam jaringan. Wi-Fi bekerja secara 2 arah yaitu sebagai pengirim data ke internet dan penerima data dari internet.

Kelebihan Wi-Fi

Cepat dan Stabil

Wi-Fi memiliki kecepatan yang cukup tinggi dalam mengakses internet. Kecepatannya pun stabil dan tidak naik turun secara signifikan.

Simple, Tidak Memerlukan Kabel
Wi-Fi memang simple karena tidak perlu menggunakan kabel sehingga tidak pusing mengatur dan merawat banyak kabel, hanya perlu merawat router dan kabelnya saja bila berlangganan di rumah atau tempat kerja.

Kekurangan Wi-Fi

Wi-Fi Publik Kurang Aman

Wi-Fi publik biasanya kurang aman karena digunakan oleh banyak orang dimana orang lain bisa saja menyadap lalu lintas data yang kita akses di internet melalui jaringan Wi-Fi yang sama.

Wi-Fi Publik Terkadang Lemot
Tidak semua tempat memiliki kecepatan Wi-Fi yang tinggi. Ada juga yang kecepatan Wi-Fi nya sangat pelan dan hampir tidak memungkinkan untuk membuka halaman web yang ringan sekalipun.
Open Comments

Posting Komentar untuk "Apa Itu WiFi ? Inilah Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja WiFi"