Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
6 Bahasa Pemrograman Yang Wajib Dikuasai di Tahun 2019

6 Bahasa Pemrograman Yang Wajib Dikuasai di Tahun 2019


Begitu banyaknya bahasa pemrograman yang ada tentunya akan membuat bingung terutama bagi pemula yang baru saja belajar membuat program.  Sebenarnya untuk memilih bahasa pemrograman sederhana saja, yaitu sesuai dengan kebutuhan pasar dan masyarakat saat ini. Contohnya, saat ini banyak diperlukan programmer web dan mobile, maka belajarlah bahasa untuk membuat web dan aplikasi mobile yang banyak dicari. Berikut 6 Bahasa Pemrograman Yang Wajib Dikuasai di 2019.

1. Java
Java adalah bahasa pemrograman open source dan multi platform yang saat ini banyak digunakan untuk membuat program Android. Dengan menguasai bahasa Java dan Android, peluang bekerja akan semakin terbuka lebar karena untuk membuat program Android tidaklah mudah. Perbedaan ukuran layar dan versi Android adalah salah satu masalah yang sudah sering dihadapi oleh para programmer Android.

2. Swift
Swift adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi iOS. Sebenarnya untuk membuat aplikasi iOS bisa juga menggunakan Objective-C, namun Swift adalah bahasa terbaru dan lebih mudah untuk diingat serta digunakan. Untuk membuat program di iOS ataupun Mac OS, dapat menggunakan XCode, yaitu code editor standar di Mac OS.

3. PHP
PHP adalah bahasa pemrograman open source yang sudah banyak digunakan untuk membuat website saat ini. Biasanya dalam mengembangkan website menggunakan PHP, para programmer menggunakan framework dan library yang sudah banyak tersebar di internet. Saat ini, framework yang banyak digunakan adalah Laravel dan Code Igniter (CI).

4. C#
C# merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Microsoft. Biasanya bahasa ini digunakan untuk membuat aplikasi desktop Windows atau website (ASP.NET C#). Biasanya pembuatan program web atau desktop menggunakan program Microsoft Visual Studio. Selain itu, game engine seperti Unity juga sudah support C# sehingga para game programmer dapat menggunakan C# untuk membuat game.

5. Javascript
Javascript adalah salah satu bahasa yang sering digunakan didalam pembuatan website. Javascript dalam pemrograman web umumnya bersifat client side atau berjalan di sisi client. Javascript dapat digunakan dalam validasi user input atau merubah tampilan tertentu dalam halaman web.

6. Solidity
Solidity adalah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat program atau aplikasi berbasis blockchain dan smart contract.
Open Comments

Posting Komentar untuk "6 Bahasa Pemrograman Yang Wajib Dikuasai di Tahun 2019"