Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Dragon Nest INA : guardian atau crusader

Dragon Nest INA : guardian atau crusader


Habis cari beberapa referensi tentang crusader dan guardian dragon nest dari server luar, jadi pengen share artikel tentang kelebihan dan kekurangan ke 2 class ini. Jadi bagi yang bingung menentukan class, saya akan share dari data yang saya kumpulin dari youtube, forum dan pengalaman pribadi. Check this out!

Guardian.

Sudah pernah saya bahas disini tentang guardian dragon nest. Guardian adalah class dengan tingkat bertahan hidup tertinggi dibanding semua class yang ada. Skill build pada class paladin lebih difokuskan ke defense. Skill bertahan mereka antara lain, block, stance of faith, iron will, the god within dan guardian force. Dengan skill bertahan sebanyak ini, bagaimana tidak mereka menjadi class bertahan hidup tertinggi? Dalam pvp, guardian adalah class yang akan bertahan hidup paling lama. Selain itu guardian juga menjadi class yang dihindari karena menyerang guardian hanya membuang waktu saja. Skill counter yang dimiliki guardian membuat musuh  secara tidak sadar terkena damage, sering sekali kejadian ketika saya pvp, musuh K.O oleh reflek damage guardian saya. Jadi kesimpulannya, guardian adalah main tanker di setiap nest karena lebih fokus pada skill bertahan. Build guardian adalah STR, INT, VIT atau AGI, INT, VIT.

Kelebihan.

- Skill defense yang banyak.
- Memiliki defense tinggi.
- Memiliki magic defense tinggi.
- Memiliki skill counter dan reflect damage.
- Memiliki beberapa skill offensive instant yang berdamage tinggi (Electric smite, armor break, justice crash).
- Memiliki HP tinggi.
- Tingkat STR tinggi.

Kekurangan.

- Attack relatif kecil dibanding class lain.
- Memiliki DPS kecil (Namun kebanyakan guardian menggunakan plate kick untuk menyiasati ini). Ketika menggunakan plate roundhouse dan sidekick guardian menghasilkan 50% + 163%+ 2241 damage tiap 0.86 detik. Ini cukup menutupi kekurangan guardian dalam hal attack, namun efek sampingnya, kicking paladin menghabiskan terlalu banyak MP, alias MP bocor.
- Magic defense lebih kecil dibanding crusader.